Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Monday, January 3, 2011

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MENENTUKAN PILIHAN MERK SEPEDA MOTOR MATIC

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Perkembangan industri otomotif khususnya sepeda motor yang terus meningkat menyebabkan beragamnya produk sepeda motor yang beredar di pasar, baik dari segi merk, tipe, harga maupun variasi lain yang terkandung dalam produk tersebut. Kebutuhan seseorang akan sepeda motor sudah tidak dapat disangkal lagi, mengingat pentingnya sepeda motor sebagai sarana transportasi yang murah dan banyak diminati masyarakat luas. Saat ini sepeda motor yang ada di tanah air sangat beragam. Mulai dari pabrikan asal Jepang seperti YAMAHA, HONDA, SUZUKI, KAWASAKI. Pabrikan asal negeri tirai bambu ( Cina ) seperti SANEX, TOSSA, KANZEN, MINIERVA dan lainnya yang biasa disebut dengan mocin alias motor cina. Pabrikan asal Itali seperti DUCATI. Pabrikan asal India seperti BAJAJ. Dan pabrikan dalam negeri seperti TVS.
Seiring berjalannya waktu, para konsumen cenderung memilih produk menurut istilah pilihan dan permintaan mereka. Pabrik harus mengubah sikap dan strategi produksi menjadi customer oriented. Jadi konsep customer oriented telah menjadi salah satu strategi penting menurut sudut pandang pemahaman dan pemenuhan terhadap keinginan dan permintaan pelanggan. Pada saat konsumen membeli barang, mereka mencari barang yang memiliki daya tarik terhadap pilihan dan kenyamanan mereka. Maka dari itu akan sangat menguntungkan bagi pabrik jika mereka dapat menangkap pikiran konsumen dan dapat menunjukkan kepada mereka model-model yang sangat sesuai dengan citra mereka. Pada situasi ini, sangatlah penting untuk mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Pada penjualan sepeda motor, selain penjual konsumen juga memegang peranan yang sangat penting. Karena selain penjual yang dapat meyakinkan konsumen untuk membeli sepeda motor, maka pada akhirnya konsumen juga yang memutuskan untuk membelinya. Maka dalam penelitian ini, peranan konsumen dalam memilih atribut sepeda motor matic sebagai objek penelitian sangatlah penting. Dengan metode pengujian Korelasi Rank Spearman menghasilkan konsep produk baru sepeda motor matic yang sesuai dengan keinginan konsumen berdasarkan spesifikasi dan fitur yang dimilikinya. Keinginan konsumen inilah yang dijadikan panduan dalam merancang sebuah sepeda motor matic baru. Dengan harapan bisa bersaing dengan sehat di pasar global sekarang ini.

1.2 Ruang Lingkup
Agar dapat lebih fokus pada permasalahan, maka penelitian ini dibatasi sebagai berikut:
a) Jumlah populasi 100 responden dan jumlah sampel 30 responden.
b) Faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa Universitas Gunadarma dalam memilih merk sepeda motor matic.
c) Penelitian dibatasi pada sepeda motor matic merk Yamaha, Honda, Suzuki.
d) Menyebarkan kuesioner yang berlokasi di parkiran sepeda motor mahasiswa kampus D Universitas Gunadarma, Depok.

1.3 Tujuan
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut.
a) Mengetahui faktor apa saja yang dianggap penting oleh konsumen untuk dipertimbangkan dalam memilih merk sepeda motor matic.
b) Mengetahui korelasi antara faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam menentukan pilihan merk sepeda motor matic.
c) Mengetahui karakteristik responden yaitu mahasiswa Universitas Gunadarma.

1.4 Metode Penelitian

Metodologi penelitian merupakan proses yang harus dilakukan secara bertahap. Setiap tahapan penelitian harus dilakukan secara rinci dan jelas sehingga penelitian memiliki arah yang jelas, bersifat sistematis, logis, dan empiris yaitu dapat diuji kebenarannya. Penelitian diharapkan dapat memecahkan masalah yang ada, bersifat aplikatif sehingga dapat dicapai hasil penelitian yang dapat dipercaya dan dapat diterapkan. Berikut ini adalah tahapan-tahapan metode penelitian.

1.4.1 Objek Penelitian

Objek penelitian ini adalah merk-merk sepeda motor matic yang digunakan oleh mahasiswa Universitas Gunadarma. Dengan subjeknya adalah mahasiswa Universitas Gunadarma yang kebetulan ada di kampus D saat dilakukan pengambilan sampel melalui penyebaran kuesioner.

1.4.2 Data variabel

Pada penulisan ilmiah ini variabel yang digunakan adalah merk, harga, volume silinder, kapasitas tangki, suspensi belakang, daya, warna, velg, keluarga.

1.4.3 Metode Pengumpulan Data

1. Studi Pustaka
Mencari buku referensi dari perpustakaan Universitas Gunadarma, perpustakaan Republik Indonesia terutama untuk membantu penulis dalam mencari metode-metode yang digunakan dalam penelitian ini. Browsing di internet juga membantu penulis untuk mencari contoh penulisan ilmiah yang sejenis agar penulis mengerti akan tata cara penelitian ilmiah yang benar.
2. Studi Lapangan
Dalam penelitian ilmiah ini penulis menyebarkan kuesioner untuk pengambilan data secara langsung di tempat penelitian yang berlokasi di Kampus D Universitas Gunadarma, jl. Margonda Raya no.100, Depok.

1.4.4 Alat Analisis Yang Digunakan

Kuesioner pemilihan merk sepeda motor matic ini menggunakan metode skala Likert yang terdiri dari 11 pertanyaan, yang terdiri dari 4 pertanyaan identitas responden dan 7 pertanyaan tentang variabel penelitian dengan 5 buah pilihan jawaban. Untuk menentukan sampel digunakan teknik simple random sampling (SRS). Untuk menganalisis hubungan antar variabel digunakan uji Korelasi Rank Spearman.

1.5 Sistematika Tulisan Ilmiah

Pada penulisan ilmiah ini penulis membagi struktur penulisan dalam beberapa bagian, dengan sistematika sebagai berikut :
Pada BAB I berisi pendahuluan yang menjelaskan tentang latar belakang masalah, ruang lingkup, tujuan, metode penelitian, sistematika tulisan ilmiah.
Pada BAB II berisi penjabaran mengenai teori–teori yang berkaitan dengan pengumpulan dan pengolahan data.
Pada BAB III berisi tentang metode-metode yang digunakan dalam penelitian untuk menyelesaikan masalah.
Pada BAB IV menjelaskan tentang pengolahan data yang telah didapat dari pengumpulan data sebelumnya. Setelah data selesai diolah maka dilakukan analisis dari hasil olahan data itu dan menjawab permasalahan sesuai dengan ruang lingkup masalah pada bab satu.
Pada BAB V berisi tentang kesimpulan dari analisis dan pengolahan data yang telah dilakukan sebelumnya dan saran dari penulis untuk pengembangan penelitian selanjutnya.

LinkWithin